Gong Xi Fat Choi

31 januari 2014
Bertepatan dengan hari jumat kliwon, (ga nyambung hehehe),hari ini adalah hari yang spesial bagi seluruh etnis tionghoa alias cina. Imlek, yang artinya tahun baru china, sekarang entah tahun yg keberapa, dirayakan dengan penuh sukacita diseluruh penjuru dunia.

Banyaknya etnis tionghoa, yang di negaranya saja ada lebih dari 1 milyar, belum termasuk para perantauan dan diaspora yg walaupun sudah puluhan tahun tinggal di tanah orang namun jiwa dan semangatnya sebagai orang tionghoa tidak akan pernah luntur meskipun jauh dari tanah airnya, menyebabkan perayaan imlek seolah olah sudah menjadi hal yang biasa dimana saja.

Salah satu bentuk perayaan Imlek adalah dengan pembagian angpao dan barongsai. Angpao atau uang saku khas china sangat identik dengan amplop merah menyala dengan tulisan China di luarnya. Angpao ini bisa diberikan kepada siapa saja, bahkan kepada yang bukan termasuk etnisnya. Sedangkan barongsai biasanya dipertunjukkan usai acara sembahyang di klenteng, lumayan buat hiburan warga disekitarnya.

Trus apa hubungannya dengan SMZR?

Ya ga ada sih. Cuma karena domisili sekarang dekat dengan kelapa gading yang adalah daerah pemukiman etnis Tionghoa, sedikit banyak ikut terasa suasana perayaan Imleknya. Misalnya tadi malem ramai terdengar suara letusan kembang api layaknya sebuah perayaan tahun baru. Oiya ada sedikit kesan juga, karena SMZR pernah bekerja ama orang keturunan china bangka, tepatnya di sebuah warung martabak di wilayah condet, Bigbosnya bernama koh Along. Dalam kesempatan ini SMZR pengin ngucapin selamat tahun baru imlek buat koh Along sekeluarga, semoga diberi kesehatan dan panjang umur. Terima kasih udah bersedia nampung SMZR waktu lagi bingung nyari kerjaan. Walopun belum sempat belajar semuanya, namun pengalaman itu sangat berharga. Mudah-mudahan lain kali masih bisa belajar lagi, ga cuma teknik bikinnya, tapi juga ilmu manajemen (cieee) mengelola sebuah usaha khas orang Chinanya.

Jujur yang kemaren itu SMZR mau kerja disitu selain butuh duit juga sengaja pengin belajar dan merasakan seluk beluk dunia usaha mikro. Mengingat latar belakang SMZR yang bukan dari keluarga pengusaha, dan juga sudah terbiasa bekerja sebagai karyawan pabrik, tentu dunia usaha sangat terasa berbeda. Walaupun cuma sebentar, namun sudah cukup memberi kesan yang sangat mendalam terutama dalam uji nyali menghadapi customer secara langsung, menerima pujian dan keluhan bahkan kadang omelan yang kadang bikin down. 

Walah malah curhatnya kepanjangan, piye tho…

Intinya selamat tahun baru Imlek buat yang merayakan

GONG XI FAT CHOI

3 thoughts on “Gong Xi Fat Choi

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s