Bloody moon, pesona bulan nan cantik merah merona

image

Masbro, malam ini ramai diberitakan tentang adanya fenomena gerhana bulan merah. Bahkan dibeberapa tempat diadakan acara nonton bareng, seperti di alun-alun Jogjakarta. Nah, berhubung fenomena ini jarang terjadi, ane pun gak mau ketinggalan mengabadikannya.

Berdasarkan dari prakiraan sebelumnya, gerhana bulan kali ini terjadi mulai pukul 17.00 dan mencapai puncaknya pada pukul 19.00, dengan rentang waktu gerhana penuh hanya sekitar 4 menitan. Tadinya sih ane sudah mengamati langit di depan rumah pas adzan mahgrib, namun belum ada tanda-tanda bulannya muncul. Jadi ane masuk dulu istirahat sambil buka hp. Gak taunya ada teman yang sudah upload foto bulan yang hampir tertutup sempurna, waah ketinggalan nih.

Ternyata sang bulan emang masih ada di kaki langit sebelah timur masbro, pantesan gak keliatan dari depan rumah. Demi mendapat ruang pandang yang luas, ane pergi ke tepi sawah deket rumah, sambil gak lupa bawa kamera dengan lensa tele 55-250. Bulan baru muncul sedikit di atas puncak pepohonan, dengan permukaannya sudah 85% tertutup bayangan bumi. Beruntung langit begitu cerah, sehingga sangat menguntungkan para pemburu bloodymoon ini.

Gak pake lama, langsung jepret-jepret sambil nyari settingan yang pas. Dikarenakan permukaan bulan yang memantulkan cahaya tinggal sedikit, menyebabkan setingan untuk memotret bulan purnama tidak bisa dipakai akibat cahaya yang masuk terlalu sedikit. Beberapa kali ambil gambar, belum ada yang memuaskan, apalagi semakin lama permukaan bulannya semakin redup tertutup bayangan bumi.

Wah kalo begini terus terpaksa pake iso tinggi dengan speed rendah nih. Setting iso 1600, speed 0’6s, gambar yang dihasilkanpun gak bisa fokus tanpa memakai tripod. Gak habis akal, setting timer 2s, lalu kamera diletakkan di atas batu sambil nyari angle yang pas, terpaksa ngintip jendela bidiknya sambil merebahkan badan di atas aspal, bener-bener resiko yang harus diambil demi mendapatkan sudut yang pas dan hasil yang sesuai harapan. Ternyata masalah gak berhenti sampai disitu masbro, karena bulan  sudah gelap, sangat susah untuk mengunci fokus pada objek.

image

Beberapa kali ambil gambar, tak ada satupun yang sejelas bila mengambil gambar purnama seperti biasanya. Gak apa lah, daripada gak dapat sama sekali. Namanya juga masih amatir, hehehe…

Sayang sekali di saat puncak gerhana, tiba-tiba gumpalan awan datang menyelimuti sang bulan. Ane tunggu hampir setengah jam, tapi tak nampak tanda-tanda langit akan kembali cerah. Jadi dengan sangat terpaksa hunting blood moon kali ini ane sudahi saja. Nah buat masbro yang ketinggalan dan tidak sempat menyaksikan gerhana bulan merah ini, silahkan menikmati hasil jepretan ane yang ala kadarnya ini.

image

Thanks before..,

tulisan terakhir

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s