Hunting sunset menggunakan kamera digital

image

Sore masbroo.. kali ini ane mau share photo-photo hasil hunting sunset sore ini. Bermodalkan kamera digital casio exylim, dan diedit menggunakan aplikasi snapseed, mungkin bagi beberapa orang hasilnya terlihat sedikit over, namun buat ane sih emang rada seneng yang agak-agak dramatis gitu biar enak dilihat. So, check it out…

Sejak siang sih sudah ada rencana mau hunting photo di suatu tempat, namun ternyata cuaca tidak mendukung masbro. Langit mendung, bahkan beberapa kali diselingi hujan gerimis, memaksa ane membatalkan acara tersebut.

Namun ternyata kondisi cuaca mulai berubah saat hari mulai beranjak sore. Matahari bersinar teràng, dengan awan-awan yang menghiasi langit seolah mengundang untuk diabadikan. Naluri pemburu gambar alam memaksa ane untuk segera beranjak keluar mencari tempat yang paling pas namun juga paling dekat.

image

Beruntung ane sudah beberapa kali berkeliling naik motor keliling kampung sekedar jalan-jalan, jadi sudah punya ancang-ancang tempat yang hendak dituju. Kali ini tujuan ane adalah hamparan sawah luas dengan pemandangan perbukitan dibelakangnya. Dengan geografisnya yang cukup strategis untuk memburu saat-saat matahari terbenam, juga letaknya yang tidak terlalu jauh, memberikan banyak waktu untuk mencari posisi terbaik mengabadikan momen sunset hari ini.

Sengaja ane cuma bawa kamera digital, karena lebih simpel, sehingga tidak terlalu mengundang banyak perhatian orang-orang yang lalu lalang. Selain itu untuk pengambilan gambarnya juga lebih cepat, hanya memerlukan sedikit saja setingan tidak seperti kamera dslr. Namun kekurangan utama dari kamera digital, kita tidak bisa memaksimalkan pengaturan cahaya yang ingin ditangkap, sehingga kali ini ane lebih mengutamakan pengambilan komposisi poto yang dianggap pas, sedangkan untuk hasilnya bisa dilakukan pengeditan manual, hehehe…

image

Nah buat masbro yang pengin belajar photografi pemula seperti ane, sedikit tips nih,

1. Apapun gear yang anda gunakan, baik itu kamera dslr, kamera digital, bahkan kamera handphone sekalipun, pastikan masbro sudah memahami fitur-fitur atau setingan yang ada pada gear tersebut. Biasanya sih sudah ada pilihan untuk pengambilan gambar tertentu, seperti landscape, portrait, sunset, macro, dsb.

2. Belajar memotret yang baik. Dari mulai komposisi, peletakan objek utama, background. Hindari memotret dengan satu tangan, dan juga biasakan memperhatikan pencahayaan. Pastikan objek mendapat pencahayaan yang pas agar hasilnya sesuai yang diinginkan.

3. Sering-seringlah memotret. Apapun itu bisa dijadikan sebagai objek lho masbro. Gak harus model cantik, atau pemandangan indah ala pegunungan. Belajarlah menemukan ide sederhana, yang penting komposisi dan sudut yang pas, maka masbro akan mendapatkan hasil yang mengejutkan..

4. Kurangi selfie! Bukan bermaksud melarang, tapi jujur ane sedih melihat anak-anak jaman sekarang, punya hp canggih berkamera mutakhir, malah banyak yang sudah punya kamera dslr, tapi ternyata lebih sering dipakai buat selfie. Narsis boleh, tapi jangan lupakan seninya. Emang gak bosen apa liat poto muka sendiri terus??

5. Sedikit mengutip moto dari sebuah komunitas photografi ponsel, bukan dari gear yang dipakai, tapi dari siapa orangnya. Maksudnya, jangan berkecil hati kalau masbro gak punya kamera canggih. Cukup pakai ponsel pun asal menguasai teknik dan ilmunya hasilnya juga gak kalah kok, so gak usah minder yaa….

image

tulisan terakhir

One thought on “Hunting sunset menggunakan kamera digital

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s