Jalan-jalan ke pantai karangbolong kebumen bareng ibu

image

Yup. Pantai Karangbolong. Salah satu destinasi wisata alam yang cukup terkenal di Kebumen. Letaknya yang berada di pantai laut selatan menyajikan pemandangan ombak yang ganas, dipadukan dengan hijaunya perbukitan sebagai latar belakang.

Sempat beberapa kali gagal mengunjungi pantai karangbolong ini, hingga akhirnya kesampaian juga setelah berjuang keras menaklukkan jalanan daendels yang benar-benar menguras tenaga dari pantai glagah wates sampai ke gombong, dan memutuskan untuk menyempatkan diri mampir ke sini.

Kesan pertama tiba di pantai karangbolong, nyaris tidak ada yang istimewa, hampir sama saja dengan pantai-pantai lainnya disepanjang pantai selatan, khas dengan ombak setinggi 2 meter lebih. Bedanya, disini terdapat sebuah karang yang berlubang menembus bukit, dengan ketinggian kurang lebih 15 meter, dan kedalaman lebih dari 50 meter. Itulah sebabnya dinamai dengan pantai Karangbolong (karang berlubang).

image
Bagian depan gua menghadap ke pantai yang indah, sementara bagian belakangnya menghadap ke muara sungai tempat bertemunya ombak laut selatan dengan aliran air sungai. Dilangit-langit gua terdapat miniatur proses pengunduhan sarang burung walet yang merupakan salah satu mata pencaharian penduduk setempat. Sayang sekali dibeberapa tempat didalam gua karangbolong ini menjadi korban aksi vandalisme, penuh coretan-coretan pengunjung alay.

image

Nah, setelah kesempatan pertama berkunjung ke pantai karangbolong tersebut, ternyata ibu juga ingin mengunjunginya. Kebetulan suatu hari pergi ke rumah saudara di kebumen, pulangnya juga menyempatkan diri mampir lagi kesini meskipun sedang hujan lebat. Tak seperti sebelumnya, kali ini pengunjungnya lumayan ramai, beberapa tampak asik bermain pasir di bawah naungan gua sambil berteduh dari hujan.

Nah, buat kamu yang belum pernah main ke pantai karangbolong, sempatkan sejenak mampir ya..,

image

image

image

baca juga

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s