Curug mandala, destinasi wisata alam Cilacap yang nyaris terlupakan

image

Apa yang anda ketahui tentang kota Cilacap, terutama tujuan wisatanya? Yap, pasti sebagian besar akan menjawab pantai teluk penyu dan pantai-pantai di sekitarnya.

Gak salah memang sih, setidaknya memang kenyataannya dalam mempromosikan objek wisata alamnya lebih banyak menitikberatkan tujuan wisata pantai dari ujung timur yakni pantai widarapayung,pantai sodong, pantai teluk penyu sampai pantai pasir putih di pulau Nusakambangan.

Namun jangan salah, Cilacap juga punya tujuan wisata air terjun lho.. Lebih tepatnya curug, yang terletak di desa Mandala, kecamatan Jeruklegi, sebelah timur dari bandara Tunggul Wulung Cilacap. Sesuai tempatnya, curug ini pun dikenal dengan curug Mandala.

image

Lokasinya yang berada di tengah perbukitan, dengan akses jalan naik turun, ditambah dengan minimnya promosi membuat keberadaan curug Mandala nyaris terlupakan. Belum lagi sarana jalan setapak berupa jalan cor berundak nyaris sebagian besarnya sudah tidak bisa dilewati, ada yang hancur tergerus air, banyak juga yang tertutup semak belukar, semakin menambah kesan tak terawat.

image

image

Yang lebih miris lagi, lokasi disekitar curug, baik di atas maupun di bawah, banyak dilakukan penebangan liar untuk membuka lahan bercocok tanam, semakin mengancam keberadaannya. Pepohonan rindang sebagai sumber penyimpanan air nyaris musnah, sehingga lambat laun deposit airnya terus menurun. Apalagi dimusim kemarau, curug Mandala nyaris kehilangan suara gemericik airnya.

Sebagai tujuan wisata alternatif selain kawasan pantai, pemeliharaan dan pengelolaan curug Mandala yang serius dari pihak terkait sangat diperlukan agar tetap terjaga kehadirannya. Jangan sampai suatu saat Cilacap tidak lagi mempunyai tujuan wisata air terjun, sehingga bila ingin melihat air terjun harus jauh-jauh ke kabupaten tetangga, seperti curug nangga dan curug cipendoh di Ajibarang.

image

baca juga


contact me:
email: samzurry@gmail.com
twitter: redcs1blog
facebook page: redcs1.com
instagram: samzurry

9 thoughts on “Curug mandala, destinasi wisata alam Cilacap yang nyaris terlupakan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s