Mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan lebih cepat via e-claim

 

download

BPJS Ketenagakerjaan

Masbro sekalian, buat yang sering berpindah-pindah tempat kerja karena berbagai macam alasan,pasti sudah tidak asing dengan berita pencairan dana jamsostek atau yang sekarang disebut BPJS Ketenagakerjaan. Apalagi dengan peraturan baru tahun 2014, peserta BPJS tidak perlu menunggu 5 tahun untuk mencairkan dana simpanan BPJS setelah keluar dari pekerjaan. Cukup masa tunggu 1 bulan, dana yang merupakan hasil potonga  dari gaji setiap bulan tersebut siap untuk diproses dan dicairkan.

Maka tidak heran, para peserta BPJS Ketenagakerjaan berbondong-bondong mendatangi kantor BPJS setempat untuk melakukan pencairan. Antrian panjang pun tidak terhindarkan masbro, dalam sehari ratusan orang harus rela mengantri demi dana yang sebenarnya tidak seberapa bagi orang yang masih bekerja, tetapi sangat berarti untuk mereka yang baru saja terkena PHK, layaknya embun yang bisa menghilangkan dahaga sejenak, menopang biaya hidup sehari-hari selama belum mendapatkan pekerjaan yang baru.

Saking banyaknya antrian, pihak BPJS pun menerapkan sistem baru. Untuk proses pendaftaran, dibuka mulai jam 15.00 sampai jam 16.00 dengan membawa KTP dan kartu Jamsostek/BPJS asli. Selanjutnya para pendaftar akan mendapatkan nomer antrian yang telah ditentukan tanggalnya. Nah, disinilah dampak langsung antrian panjang tersebut sangat terasa. Lamanya proses antri sampai pemanggilan bisa memakan waktu 3 bulan masbro, lama banget kan?

Untuk mengurangi jumlah antrian setiap harinya, akhirnya BPJS membuka pendaftaran via online, yang disebut e-claim. Peserta cukup membuka situs https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim/ dan mengisi formnya, dan akan mendapatkan balasan maksimal 2 hari kerja. Balasan via email ini sekaligus penentuan tanggal untuk proses selanjutnya, biasanya sih 2 minggu dari tanggal pendaftaran, lumayan lebih cepat daripada melalui proses biasa yang harus antri 3 bulan kan?

Oia, jangan lupa kalau sudah mendapat balasan via email tentang tanggal panggilan prosesnya, email tersebut di print ya,nantinya akan diminta sebagai bukti bahwa tanggal tersebut kita benar-benar mendapat panggilan

Untuk syarat-syarat yang harus dilengkapi, antara lain:

  1. KTP asli dan fotokopi 3 lembar
  2. Kartu jamsostek/BPJS asli dan fotokopi 1 lembar
  3. Surat pengalaman kerja asli dan fotokopi yang telah dilegalisir disnakertrans 2 lembar
  4. Kartu keluarga asli dan fotokopi 1 lembar
  5. Buku rekening bank asli dan fotokopi 3 lembar
  6. Materai 2 lembar

Pastikan semua berkas tersebut lengkap, dan data-datanya tidak ada masalah, karena apabila tidak lengkap tidak akan diproses lhoo…

Naah, saat tiba tanggal pemanggilan via email, silahkan datang ke kantor BPJS terdekat, jangan lupa bilang ke customer servicenya kita mendapat panggilan untuk proses e-claim, nanti akan dikasih nomer antrian dan beberapa berkas formulir yang harus diisi lengkap, hati-hati isinya ya biar lancar proses selanjutnya.

Setelah antri, petugas akan memanggil satu persatu, jadi tenang aja jangan takut gak dipanggil. Saat dipanggil, petugas akan memeriksa kelengkapan berkas asli dan fotokopi, lalu mencocokkan dengan  data yang ada di database komputer BPJS. Apabila tidak ada masalah dengan kartu BPJS kita, selanjutnya petugas akan memberikan beberapa berkas yang harus ditandatangi, dan memberitahu jumlah saldo yang kita miliki. Proses pencairannya sendiri bisa melalui tunai atau transfer via bank. Untuk tunai, bisa langsung dicairkan saat itu juga,sedangkan untuk transfer lewat rekening bank akan memakan waktu beberapa hari.

Nah, dah jelas belum masbro? Kalau belum jelas, silahkan datang sendiri ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat untuk konfirmasi. Silahkan share apabila artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

One thought on “Mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan lebih cepat via e-claim

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s