Senja di pantai Sodong

image

Hai gaessss..
Balik maning update poto jalan-jalannya nih. Kali ini tempat tujuan saya adalah pantai Sodong yang terletak di Adipala kabupaten Cilacap. Kalau dari jalan raya sih patokannya gunung selok aja biar gampang yaa. Hmm, penasaran bagaimana keindahan pantai Sodong? Cekidot..
Setelah melewati gunung Selok, kita akan menjumpai gerbang pintu masuk kawasan pantai Sodong. Sebenarnya gerbang sekaligus loket pengunjung ini belum berfungsi sebagaimana mestinya, karena ternyata tempat loket yang sering digunakan letaknya beberapa puluh meter setelah gerbang ini. Itupun hanya dijaga pada hari-hari tertentu saja, seperti hari libur dan lebaran. Tiket masuk pantai Sodong sendiri lumayan murah, cukup 5 ribu rupiah per orang.

image

Begitu melewati loket pintu masuk, ada jalan yang lurus menuju kawasan pantai yang penuh pohon cemara, dan ada jalan kekanan yang menuju kawasan muara sungai. Kali ini tujuan saya adalah kawasan muara sungainya, karena ternyata setelah beberapa lama tidak berkunjung kesini, banyak perubahan yang terjadi.

Hampir sepanjang jalan yang menuju kawasan muara dihiasi pohon cemara dikiri kanan jalan. Dan ada satu tempat di jalan tersebut dekat area pemancingan yang menurut saya sangat bagus pemandangannya. Setiap lewat sini pasti saya menyempatkan diri untuk mengambil gambar. Jadi, kamu juga jangan sampai melewatkannya yaa..

image

Jalan cemara

Sesampainya ditempat yang saya tuju, langsung saja parkir kendaraan ditempat yang telah disediakan. Parkir disini harus bayar lagi lho gaess, 2 ribu untuk sepeda motor dan 5 ribu untuk mobil.
Selain tempat parkir, disini banyak terdapat warung-warung makanan. Fasilitas toilet dan mushola juga ada, namun saya belum pernah menggunakannya, jadi belum bisa memberi komentar banyak. Lanjut ke muaranya aja yuk..

Nah, seperti saya bilang sebelumnya, kondisi muara sungai di pantai sodong saat ini sudah jauh berubah daripada saat terakhir saya berkunjung kesini, sekitar setahun yang lalu. Perbedaan paling mencolok adalah perubahan demografi muara sungai yang jauh lebih luas, dan daratan sekitar muara yang dulunya lumayan luas, sekarang sudah jauh berkurang.

Luasnya permukaan muara sungai yang berombak bahkan mengesankan seolah-olah saya sedang berada di bibir pantai, bukan di sebuah muara sungai. Apalagi ditambah adanya beberapa perahu yang bersandar ditepinya, semakin membuat lupa bahwa sebenarnya ini adalah muara sungai.

Disini ternyata ada tempat penyewaan kendaraan ATV lho gaess. ATV (all terrain vehicle) adalah kendaraan kecil beroda 4 dengan mesin sepeda motor, dengan kemudi juga lebih mirip sepeda motor, jadi mungkin lebih pas kalau disebut sepeda motor beroda 4 kali yaa. Untuk harga sewanya saya lupa tanya, hehee..

image

Bermain ATV di pantai sodong

Selain bermain ATV, disini kita bisa menikmati pemandangan sekitar gunung selok. Bisa juga bermain air, tapi tidak dianjurkan berenang disini karena arusnya yang lumayan kencang. Dibawah gunung selok juga ada beberapa gua yang bisa dikunjungi, dan kalau sedang musim penghujan, ada air terjun mini diantara celahnya. Berhubung hari sudah sore, saya memutuskan tidak mendekati area dibawah gunung selok tersebut.

image

Suasan muara yang mirip pantai

Berjalan santai menikmati pemandangan sekitar sudah cukup menyenangkan buat saya. Eh iya,dari sini kita bisa melihat PLTU Bunton lho. Kepulan asap di atas cerobongnya juga bisa terlihat jelas.

image

Beberapa perahu yang siap mengantarkan pengunjung berkeliling

Saat paling tepat berkunjung ke tempat ini adalah disore hari, karena kita bisa menyaksikan detik-detik matahari terbenam dengan sangat jelas. Tapi jangan sampai kemalaman yaa, karena disini aura mistisnya lumayan terasa, hahaha…

image

Matahari mulai terbenam

image

Indahnya pemandangan matahari terbenam

Nah buat kamu yang belum pernah sama sekali, atau yang sudah lama tidak berkunjung ke pantai sodong ini, lumayan asik kok tempatnya buat sekedar refreshing. Apalagi disini juga terdapat beberapa tempat tujuan wisata lainnya, seperti kawasan hutan lindung dan juga gunung selok view.

So, sempet-sempetin deh kesini. Ok gaesss….

tulisan terakhir

Post by : samzurry
Twitter : @samzurry
FB Fanspage : redcs1.wordpress.com
Email : samzurry@gmail.com
Youtube channel : samzurry
Path : samzurry
Google+ : samzurry
Instagram : samzurry
Blog Author : redcs1.wordpress.com | samzurry.wordpress.com

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s